Legenda Buaya Putih di Danau Cibeureum Bekasi

Legenda Buaya Putih di Danau Cibeureum Bekasi
(Foto: onweekend.co)

Lagi cari tempat wisata di Bekasi yang berbau alam? Coba datang ke salah satu danaunya, Danau Cibeureum.

Danau Cibeureum terbentuk secara alami. Danau yang terletak di antara dua desa, Lambang Sari dan Lambang Jaya ini cukup luas, sekitar 38 ha. Selain sebagai tempat wisata, keberadaan air di danau tersebut mampu menopang kehidupan masyarakat di sekitarnya. Baik itu sebagai sumber irigasi, mencari ikan, hingga tempat tumbuhnya kangkung.

Hingga saat ini, danau tersebut masih ada dan bisa kita kunjungi. Namun, adanya pembangunan perumahan, luas danau kini hanya tingga 2 ha saja. Demikian juga dengan kedalamannya, mengalami pengurangan. Sehingga, sangat disarankan untuk datang ke sini di musim penghujan agar air danau masih terlihat banyak.

Legenda Buaya Putih

Selain danaunya, legenda siluman buaya putih yang konon tinggal di kerajaan yang ada di dasar danau tersebut juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Legenda ini semakin diyakini masyarakat ketika beberapa pekerja yang sedang membangun perumahan di sekitar danau melihat penampakan buaya putih tersebut. Karena, sebelumnya beberapa warga juga pernah melihatnya.

Tidak sedikit pengunjung yang datang ke sini karena penasaran dengan legenda tersebut dan siapa tahu bisa melihat juga penampakan tersebut.

Legenda Buaya Putih di Danau Cibeureum Bekasi
(Foto: onweekend.co)

Fasilitas Danau

Bagi wisatawan yang datang ke tempat wisata di Bekasi ini, kita bisa membawa kendaraan pribadi karena tersedia lahan parkir yang cukup luas. Kalau mau makan, bisa bawa bekal dari rumah atau beli saja di tempat. Banyak pedagang makanan di sini dan kamu bisa makan di saung bambu yang ada di tepi danau. Menikmati makan, pemandangan, sekaligus udara sejuknya.

Biasanya, kalau kita habis berwisata, kita suka dimintai oleh-oleh. Di danau ini juga ada lho penjual souvenir aneka kerajinan tangan seperti aksesoris yang bisa kamu pilih untuk oleh-oleh tersebut.

Danau Cibeureum memiliki banyak ikan, seperti gabus, tawes, keting, dan mujair. Kita bisa melihat ikan-ikan ini bahkan dari tepian danaunya. Kalau kamu termasuk yang suka bersepeda, pinggiran danau ini bisa merupakan track yang cocok untuk kegiatan tersebut. Kamu bisa bawa sepeda dari rumah dan bergabung dengan para pecinta sepeda lainnya di sini.

Jika dihitung-hitung, wisata ke danau ini termasuk wisata murah dan hemat. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk kebutuhan kuliner serta belanja. Itu pun kalau kamu tidak membawa bekal dan memang berniat membeli pernak-pernik yang ada di sini.

Akses Ke Danau Cibeureum Bekasi

Akses ke danau ini cukup mudah. Kalau kamu naik angkutan umum, kamu bisa naik angkot Koasi 39 dari BTC dan turun di Jembatan Legenda. Tapi, dari sana kamu masih harus naik ojek menuju lokasi.

Habis dari Danau Cibeureum, kamu bisa lanjut eksplor berbagai tempat wisata di Bekasi lainnya di sekitaran wilayah danau ini. Seperti, ke tempat wisata bersejarah Gedung Juang di Tambun Selatan.

Akses yang mudah ini juga membuat banyak warga sekitar yang sengaja menghabiskan waktunya di danau. Baik itu untuk bertemu rekan, bersantai, mengerjakan tugas, hingga mengejar sore hari dimana pemandangan danau tampak sangat cantik menjelang matahari tenggelam tersebut.

Menyadari popuaritas danau ini, bagi wisatawan yang datang dari luar kota kini tidak perlu bingung lagi jika mencari penginapan terdekat. Banyak hotel yang bisa kamu temukan di perjalanan saat menuju ke sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *