Tips Liburan Asyik Tanpa Ribet Buat Kamu yang Lagi Merencanakan Liburan

Matahari terbit dari Pantai Sanur, Bali (dok.pri)

Gak ingin kan, rencana liburan kamu berantakan karena kurang perencanaan? Misalnya saja, kamu terlalu santai sampai akhirnya tiket pesawat yang harusnya kamu beli jauh-jauh hari, habis karena kamu baru membelinya H-1 keberangkatan?

Atau hotel yang kamu booking ternyata jauh dari harapan, dan tak sesuai dengan foto yang kamu lihat di website? Jadi, supaya hal itu tak terjadi dan bikin liburan kamu malah jadi bete, kamu harus benar-benar mempersiapkan liburanmu dengan matang. Salah satunya, pesanlah tiket pesawat minimal H-14, selain bisa lebih murah, kamu juga tak akan takut kehabisan. Terus, coba beli tiket maskapai lokal dengan harga terjangkau seperti Citilink Airlines. Cek deh tiket Citilink Airlines di Traveloka, dijamin gak akan membuat kantong kamu bolong.

Dan uniknya, Citilink Airlines ini punya awak kabin yang sangat atraktif, penjelasan mengenai keselamatan tak kalah menarik dengan maskapai luar, tak percaya? Silahkan cek di youtube, banyak pramugari dan pramugara yang menjadi viral dan menjadi pembicaraan para netizen.

Selain itu, ada beberapa tips yang wajib kamu ketahui sebelum pergi liburan supaya liburanmu gak pake ribet.

Memesan tiket sekarang bisa dilakukan dengan mudah, bahkan lewat gawai sekalipun. (foto: https://blog.traveloka.com)

PLANNING

  1. Sering-sering cek harga tiket pesawat, seperti cek tiket Citylink Airlines di Traveloka, jangan lupa untuk hapus cache dan cookies browsermu ya, agar harganya lebih murah.
  2. Pesan tiket pesawat jauh-jauh hari dan lakukan secara online, salah satunya bisa memesan via situs Traveloka di https://www.traveloka.com/citilink
  3. Cek harga tiket di hari-hari kerja seperti hari selasa dan rabu, biasanya di dua hari ini, tiket pesawat akan lebih murah. Lakukan juga pemesanan di sore atau malam hari, supaya persaingan pembelian tiket lebih sedikit.
  4. Cek review hotel atau penginapan yang akan kamu pesan, pastikan reviewnya baik dan juga dapat dipertanggung jawabkan.
  5. Cari informasi mengenai tempat wisata, mulai dari rutenya, harga tiket, sampai apa saja yang bisa kamu nikmati di sana.
  6. Pilih dan tentukan rute-rute wisata yang berdekatan dan memungkinkan untuk kamu berjalan kaki, lumayan kan untuk mengirit biaya transportasi.
  7. Tiket dan penginapan sudah ok, saatnya kamu packing!
Siapkan dulu semua barang-barang yang akan dibawa sebelum memasukkannya ke dalam tas atau koper. (foto: http://www.bootsnall.com/)

PACKING

  1. Pastikan kamu tak membawa barang yang terlalu banyak, jika masih liburan di dalam negeri, tak perlulah membawa rice cooker. Jangan sampai kamu terkaget-kaget karena ditagih uang kelebihan bagasi. Meski bagasi yang disediakan rata-rata maskapai adalah 20 kg, begitu juga dengan Citilink yang menyediakan bagasi sampai 20 kg.
  2. Jangan terlalu banyak membawa pakaian, jika terpaksa cobalah gunakan holding bag atau vacum bag hal ini akan meminimalisir tempat untuk pakaian dan juga koper pun akan memiliki ruang yang lebih banyak.
  3. Jika kamu tak memiliki dua benda diatas, gulung pakaianmu agar koper mu memiliki tempat yang cukup untuk benda-benda lain.
  4. Riset dan cari tahu terlebih dahulu kondisi cuaca di lokasi tempat wisatamu, jangan sampai saltum atau salah kostum, ya. Misalnya saja kamu pergi ke daerah panas, tapi malah membawa baju-baju tebal, bahkan mantel.
  5. Tempatkan barang-barang kecil seperti charger handphone, power bank, earphone dan dokumen seperti paspor jika kamu berpergian ke luar negeri di tas terpisah dan mudah dijangkau.

Jadi, sudah siap untuk berlibur? Siapapun butuh waktu sejenak untuk berlibur dan berganti suasana apalagi dengan kesibukanmu yang menumpuk, liburan adalah salah satu cara untuk membuatmu tetap waras. Tak perlu juga liburan mahal-mahal, karena menurut Eugene Fodor, “You Don’t Have to Be Rich to Travel Well”. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *