5 TIPS WISATA HEMAT KE RAJA AMPAT

Nama Raja Ampat sudah tidak asing lagi di telinga para traveler. Rangkaian gugusan kepulauan di Papua Barat ini memang terkenal akan pesona keindahan lautnya. Kekayaan flora dan fauna bahwa laut menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Hal tersebut pula yang membuat banyak wisatawan baik dari domestik maupun mancanegara yang jatuh hati kepada Raja Ampat dan menobatkannya sebagai salah satu diving site terbaik di dunia.
(Sumber : kerentrend.blogspot.com)

Wisata ke Raja Ampat saat ini masih dianggap sebagai wisata ekslusif oleh sebagian orang. Hal tersebut tidak terlepas dari jumlah budget yang harus dikeluarkan untuk dapat berlibur ke tempat ini. Siapa bilang menuju Raja Ampat mahal? Kini Anda tak perlu cemas, karena liburan ke Raja Ampat murah! Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran Anda. Berikut 5 tips liburan murah ke Raja Ampat :

1. Cari Teman Berlibur

(Sumber : facebook.com)

Liburan sendirian? Bagi sebagian orang memang menyenangkan, tapi akan jauh lebih seru jika Anda memilih untuk berlibur bersama dengan teman. Selain suasana liburan akan jadi semakin meriah, dengan adanya teman juga dapat menghemat pengeluaran Anda. Untuk sewa penginapan misalnya, dengan adanya teman Anda tidak perlu menanggung biaya penginapan sendirian. Hal ini tentu akan meminimalisir pengeluaran Anda, apalagi jika Anda berhari-hari di tempat ini.

Selain itu, destinasi wisata di Raja Ampat juga terpisah oleh lautan. Untuk pergi dari gugusan kepulauan yang satu dengan yang lainnya Anda perlu menyewa perahu. Jika Anda pergi dengan teman, untuk menyewa perahu pun bisa jadi lebih murah. Untuk Anda yang tetap ingin menikmati liburan murah di Raja Ampat sendirian, Anda bisa mencari teman di perjalanan atau bergabung dengan kelompok lain saat hendak menyewa perahu.

2. Cari Tiket Promo

(Sumber : jawaban.com)

Tiket pesawat merupakan sumber pengeluaran terbesar bagi Anda yang ingin mencapai Raja Ampat. Mengingat biaya transportasi ke tempat ini tidak sedikit, maka Anda wajib mencari promo tiket pesawat. Harus diingat, bahwa kebanyakan maskapai penerbangan tidak memberikan promo dadakan. Jadi, ketika Anda berencana ke Raja Ampat pada 2018 mendatang, maka kami sarankan Anda untuk mencari promo tiket minimal satu tahun sebelumnya.

Tanpa tiket promo, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk terbang ke Sorong, Papua. Hal tersebut dikarenakan penerbangan ke wilayah Indonesia bagian Timur memang cukup mahal, untuk sekali jalan berkisar antara Rp 2-3 juta. Dengan tiket promo, Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga setengah dari harga normal. Jadi, jangan bosan-bosan untuk mengecek situs booking tiket online, ya.

Selain itu, Anda juga harus menghindari musim liburan jika ingin mendapatkan harga tiket pesawat dengan murah. Karena biasanya maskapai penerbangan akan menaikkan harga tiket penerbangan di musim liburan.

3. Memilih Penginapan yang Murah
 
Jika Anda hanya punya budget yang minim untuk berlibur ke Raja Ampat, jangan memaksakan diri untuk menginap di resort-resort mewah yang ada di sana. Pilihlah penginapan-penginapan murah dan sesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Yang harus Anda ingat, fungsi utama dari penginapan adalah sebagai tempat untuk beristirahat. Tidak perlu mewah, yang penting Anda dapat membaringkan tubuh dengan nyaman di tempat itu.

Ada beberapa penginapan dengan harga di bawah satu jutaan yang dapat Anda jadikan pilihan saat berlibur ke Raja Ampat. Salah satunya adalah Maras Risen Hotel yang terletak di Jalan arfan, Waigeo, Raja Ampat. Hotel ini membuka kamarnya mulai dari harga Rp 372.000.-/malam. Selain itu, ada pula penginapan Najwa Indah di Waigeo selatan yang membuka harga mulai dari Rp 384.000,-/malam untuk satu kamarnya.

(Sumber : rajaampatkako.at.webry.info)

4. Mencari Tempat Makan yang Murah
 
Menghemat bukan berarti menyiksa diri. Jangan hanya ingin berhemat membuat Anda enggan untuk membeli makanan di Raja Ampat. Jika Anda ingin mencari makanan dengan harga yang murah, tidak ada salahnya untuk mencoba berkeliling ke Pasar Waisai. Di pasar ini memang tidak akan Anda jumpai restoran mewah, tapi setidaknya Anda dapat menuntaskan rasa lapar dengan membeli makanan dengan harga murah di sini.

(Sumber : arfaqmedia.blogspot.co.id)

Di Pasar Waisai ada beberapa warung yang menjajakan panganan dengan harga yang terjangkau. Salah satunya adalah Warung Makan Lamongan yang menyajikan makanan hampir sama dengan warteg yang ada di Jakarta atau pun kota lainnya. Menu yang disajikan ditempat ini cukup beragam, mulai dari nasi ayam dengan lalapan, nasi udang goreng, udang asam manis, nasi kare ayam, nasi ayam goreng, nasi telur goreng dan masih banyak lagi.

(Sumber : aripdisini.wordpress.com)

5. Berkonsultasi dengan Penjaga Penginapan
 
Strategi yang tidak kalah penting dalam menghemat budget saat memilih liburan murah di Raja Ampat adalah jangan malu untuk berkonsultasi dengan pemilik atau pun penjaga penginapan. Orang yang bekerja di penginapan biasanya tahu dan memahami seluk-beluk daerah di tempatnya bekerja. Anda dapat meminta info dan referensi dari mereka terkait tempat penyewaan kendaraan, tempat menyewa perahu yang murah, dan info penting lainnya.

Tanpa perlu mengeluarkan budget puluhan juta, ternyata Anda masih bisa berlibur ke Pulau di Timur Indonesia ini, bukan? Besar-kecilnya pengeluaran sebenarnya adalah pilihan Anda sendiri. Kemana pun Anda pergi, jika Anda pintar mengelola keuangan dengan baik, budget liburan Anda pasti bisa stabil dan tidak membengkak. Jadi, selamat berwisata di Raja Ampat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *